Optimalisasi Pembelajaran Daring

Optimalisasi Pembelajaran Daring, SMAN 1 Tambangan Adakan Workshop G-Suite For Education selama 10 Hari

Tim Jurnalistik SMANTAONE, Mandailing Natal - Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tambangan melaksanakan Optimalisasi Pembelajaran Daring menggunakan Akun G-Suite For Education yang dapat digunakan secara gratis dan Unlimited pada Platform Belajar Daring seperti Google Classroom, Canva For Edu dan lainnya.

Disamping memiliki dan terus mengembangkan Aplikasi E-Learning, SMA N 1 Tambangan juga telah menggunakan Aplikasi Google Classroom sejak Juli 2020.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Tambangan, Doharni Siregar,MM menuturkan, pihaknya menggunakan Akun G-Suite For Edu ini guna mendukung efektivitas sistem belajar daring yang selama ini telah sukses dilaksanakan di SMA N 1 Tambangan.

Dikatakannya, SMA N 1 Tambangan telah membuat program dan sudah melakukan berbagai pelatihan untuk guru, tenaga kependidikan dan peserta didik dalam menyukseskan pembelajaran daring khususnya, luring dan juga kombinasi. Berbagai Pelatihan itu dilaksanakan ada yang sebelum tahun ajaran baru dimulai, saat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di semester berjalan dan di akhir semester menjelang libur.

Diantara pelatihan itu adalah Workshop pembutan Konten Pembelajaran Daring, Workshop Penggunaan Website untuk Pembelajaran Jarak Jauh, Workshop E-Learning dan yang saat ini sedang berlangsung adalah Workshop Akun G-Suite For Edu. 

"Sebelumnya sudah ada beberapa orang guru kita yang mengikuti pelatihan penggunaan Akun G-Suite yang diadakan oleh Cabdis Padangsidimpuan. Di mana pelatihnya itu sudah tersertifikasi dari Google langsung. Dan alhamdulillah saya perhatikan mereka sangat antusias mengikutinya, jadi hari ini kita mencoba mengundang Narasumber dari Cabdis Sidimpuan juga, ada Pak Sulaiman Saleh Hrp,S.Kom yang kita nilai sangat kompeten menyampaikan materi tentang akun G-Suite For Edu ini. Pengimbasan ini kita harap dapat diikuti secara maksimal oleh Guru-guru kita di SMA N 1 Tambangan sehingga nanti Akun G-Suite For Edu ini tidak hanya memberi dampak positif pada proses PBM Daring tapi juga untuk keseharian Para Guru dalam menggunakan perangkat IT" ujar Doharni, Sabtu (20/03/2021).

Doharni mengatakan bahwa sebelumnya Guru di SMA N 1 Tambangan sudah aktif menggunakan Aplikasi E-Learning dan Google Classroom namun selama ini masih menggunakan akun Gmail biasa dan hari ini sudah ada akun G-Suite maka guru-guru semakin tertantang untuk memperdalam kemampuannya.

"Aplikasi ini terbilang sangat efektif dan mudah digunakan, kita bersyukur dengan adanya Akun G-Suite ini, tentu aplikasi pembelajaran dari Google akan lebih optimal kita gunakan karena Akun G-Suite ini lebih kompleks lagi kemampuannya. Kita mencoba untuk berinovasi membuat pembelajaran daring ini lebih efektif dengan menggunakan akun G-Suite for Edu ini," katanya.

Dalam pelaksanaan PBM Daring terangnya, para guru juga terus m berlatih dan mengembangkan pengetahuan tentang berbagai aplikasi berbasis IT.

"Aplikasi ini sudah digunakan secara menyeluruh baik para guru maupun siswa. Tentu sembari berjalan ada perkembangan dan pemebelajaran lebih dari masing-masing guru, mereka juga saling berbagi yang tidak tahu mengajar kan yang tidak tahu, sejauh ini kita melihat para guru sangat bersemangat mengikuti Workshop ini dan semoga begini terus sampai 10 hari kedepan, karena kita menerapkan workshop secara luring dan daring dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan sesuai arahan dari Bapak Kacabdis Pendidikan Sidimpuan" katanya.(Mut)